top of page
Cari

Roti Gabin Lido Samarinda: Konsistensi dan Originalitas Sejak 1969

Samarinda (27/02/2022)--Semua hal di dunia sepertinya tidak luput dari perubahan. Manusia berevolusi, kota-kota besar terus berkembang, hingga makanan pun juga sama. Jauh sebelum croffle, croissant almond, crepes, dan boba favorit Warga, terdapat camilan legendaris yaitu Roti Gabin.


Beberapa makanan memang ditemukan melalui percobaan yang tidak sedikit di dapur, namun tidak sedikit makanan yang kehadirannya punya filosofi unik. Gabin, biskuit tawar bertekstur renyah dan gurih yang sudah ada sejak puluhan tahun silam ini ingin bercerita sejarahnya kepada Warga NOMAPATU.


Bermula dari kisah para Anak Buah Kapal (ABK) yang sering “mabuk” di laut (kala itu tentu tidak banyak obat anti mabuk atau pereda mual), sehingga para ABK pun diberikan sebuah biskuit tawar yang ternyata bisa meredakan rasa mual mereka sewaktu berlayar. Alasannya sederhana, biskuit ini mudah dicerna dan tidak berbau sehingga tidak memperparah rasa mual yang terjadi.

Biskuit Cabin/Gabin pereda rasa mual bagi ABK

Selain biskuit tawar—jahe, kaldu, yogurt, apel, dan pisang juga bisa meredakan mual

Semenjak saat itu, biskuit ini pun semakin naik daun di kalangan pelaut, membuatnya kerap kali disebut biskuit Kabin. Lambat laun, sebutan gabin pun lebih sering terdengar dan membuat biskuit ini mempunyai nama panggilan baru yaitu biskuit Gabin.


Biskuit Gabin Lido, Samarinda


Peluang berbisnis biskuit gabin kemudian ditangkap oleh Lido Biscuit pada 1969. Kala itu, produk yang dijual saat pertama kali produksi adalah gabin asin (yang tentunya masih bisa Warga jumpai hingga 2022) dengan harga per kilo untuk gabin asin adalah Rp70. Lalu, yang menjadi pertanyaan adalah: Bagaimana bisa mempertahankan biskuit legendaris ini dari serbuan croffle?


Kualitas yang dijaga konsisten menjadi kunci dari bisnis Lido Biscuit. Semua produksi dikontrol secara ketat dan detail oleh dua generasi keluarga, membuatnya digemari oleh berbagai kalangan masyarakat dari muda hingga tua. Boleh dibilang, biskuit Gabin Lido ini telah menjadi makanan khas di Samarinda.


Selain kualitas yang dijaga konsisten, Lido tidak mudah berpuas diri tanpa inovasi. Mereka percaya benar dengan pentingnya inovasi dalam bisnis kuliner. Berbagai produk gabin pun mereka luncurkan untuk bisa terus bersaing, seperti gabin susu hingga gabin keju (Warga juga bisa membelinya di market place kesayangan Warga lho!).


Lido Biscuit

Jalan Yos Sudarso No. 123

Samarinda, Kalimantan Timur

Jam Buka: 07:00-17.00 WITA


808 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page