top of page
Cari

Nasi Kuning Samarinda, Enaknya bukan Kepalang

(Samarinda, November 2021) Ketika Warga ditanya “Sarapan paling Indonesia?”, apa yang muncul di benak Warga? Pecel, nasi uduk, dan nasi kuning kemungkinan besar berada di deretan teratas sarapan paling Indonesia. Khusus nasi kuning, sepertinya tidak ada yang menandingi ketenarannya. Tidak hanya sebagai menu sarapan pagi, nasi kuning juga hilir mudik ke pesta perkawinan, selamatan rumah, hingga acara peresmian dalam wujud tumpeng.


Berasal dari beras yang dimasak bersama kunyit, santan, dan rempah-rempah, nasi kuning adalah wujud nyata dari betapa kayanya ragam kuliner nusantara. Tidak hanya kaya akan cita rasa, nasi kuning juga kaya akan filosofi. Warna kuning pada nasi kuning (tentu saja menjadi alasan dari penyebutannya) melambangkan kekayaan dan kemakmuran.


Tidak heran, Nasi Kuning hadir pada berbagai acara penting di rumah Warga.


Meskipun Warga bisa menemukan nasi kuning di hampir seluruh pelosok tanah air, nasi kuning punya berbagai sentuhan lokal yang berbeda-beda antardaerah. Salah satunya nasi kuning khas kota tepian Samarinda.


Apabila Warga terbiasa menyantap nasi kuning ala Pulau Jawa, wajib hukumnya menikmati nasi kuning Samarinda yang dibanjiri dengan bumbu merah. Bumbu merah pada nasi kuning Samarinda bak bumbu kacang pada sepiring pecel. Warga tentu tidak mau menikmati nasi pecel tanpa bumbu kacangnya bukan?


Terdapat begitu banyak warung nasi kuning yang bisa Warga luar 0541 temukan di kota ini. Keunikan ini juga yang menyebabkan Samarinda dikenal dengan julukan Kampung Nasi Kuning (di Jalan Lambung Mangkurat). Namun, agar Warga tidak pusing memilih mana nasi kuning terbaik, NOMAPATU bersama Warganya akan membagikan nasi kuning rekomendasi Warga NOMAPATU!


1. Nasi Kuning Jalan Sulawesi

Kalau Warga menyukai nasi lengket yang pulen dan harum, ini jawabannya. Selain itu, rasa pedas pada bumbu merahnya cukup berasa dengan berbagai pilihan lauk seperti daging sapi danikan haruan. Nasi kuning di sini juga tahan lama untuk dibawa berangkat ke luar kota* (dipisah dengan bumbu merahnya). Tips: Usahakan untuk membelinya sebelum jam 09.00 WITA karena begitu cepat habis.


2. Nasi Kuning Ijay Jalan Lambung Mangkurat


Ini nasi kuning yang paling terkenal se-Samarinda. Salah satu alasannya karena jam buka nasi kuning ini 24 jam penuh. Kapanpun Warga lapar, Ijay siap mengatasinya. Pilihan lauk di Nasi Kuning Ijay juga sangat lengkap: telur balado, usus ayam, daging tempe orek, cumi bakar, ayam goreng dan masih banyak lagi.


3. Nasi Kuning Taufik Jalan Diponegoro

Tidak jauh dari nasi kuning di Jalan Sulawesi, nasi kuning Taufik juga jadi salah satu andalan Warga. Keunikannya terletak pada suun/bihun yang disajikan berwarna coklat gelap dengan rasa manis. Bumbu merah di sini juga cocok untuk para pecinta rasa pedas.


4. Nasi Kuning Jalan Awang Long (seberang BPD Kaltim)

Nasi kuning di sini biasanya menjadi andalan Warga selepas beribadah pagi di Gereja Katedral yang tak jauh dari nasi kuning ini. Nasi kuning di sini dilengkapi dengan ikan haruan, ayam, daging, dan telur bulat.



Soal rasa tidak perlu diperdebatkan, semua akan terasa subjektif hingga Warga mencobanya sendiri.


245 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page