top of page
Cari

Warga 75117, Kysha: Belajar Mencintai Diri dengan Kebebasan Berekspresi

Sejak menemukan celana berwarna merah muda dengan model cutbray short waist milik Ibunya, pilihan Kysha dalam berpenampilan selalu memiliki nuansa pink.


“Ketertarikan ku sama penampilan penuh warna kayaknya sudah membuncah dari kecil. Inget banget panutan model pertama ku adalah Disney Princess Ariel dengan rambut merahnya yang cantik,” buka Kysha Rahmadani alias Caca sambil tersenyum manis saat memulai awal ceritanya.



Kysha dengan pilihan warna rambut favoritnya

“Mewarnai rambut itu salah satu cara untuk mengekspresikan diri yang menyenangkan. Dari rambut warna merah khas Princess Ariel, warna biru ungu yang terinspirasi Melanie Martinez (penulis lagu asal Amerika) dengan dua warna rambut berbeda, warna ungu lilac, sampai hijau lumut yang aku cat khusus untuk buku tahunan SMA: perjalanan warna rambut ku mencerminkan warna-warni ekspresi dan inspirasi ku pada saat itu,”


Dukungan dari orang-orang terdekat juga diakui Caca memiliki peran penting dalam kepercayaan dirinya dalam berpenampilan. Caca mengaku bahwa tak jarang teman-temannya berpendapat bahwa apa yang dikenakannya tidak akan terlihat cocok jika dibandingkan dengan Caca. Menanggapi hal tersebut, warga ini berpendapat bahwa pede dan cuek merupakan faktor penting yang kerap kali dilupakan,


“Waktu SMA aku pernah ikut BINUS’ Asian English Olympic 2015 sebagai newscaster (baca: pembawa berita) tentang berita budaya. Karena aku komitmen sama diri sendiri mau tampil beda, aku bela-belain bawa baju khas dayak yang penuh manik dari Samarinda. Walaupun berat bagasinya kelebihan, alhamdulillah, dari sekian banyak peserta asal Asia Tenggara, aku berhasil bawa nama baik sekolah untuk masuk Octofinal. Setelah itu, aku semakin yakin kalau mengekspresikan diri melalui penampilan memiliki pengaruh penting,” jelas Caca.


Caca melanjutkan, tak jarang pula teman dan lingkungan sekitar mengomentari pilihan penampilannya,


“Kalau orang bilang "kamu bagus ya pake outfit gini, kalo aku pasti gak cocok", menurut ku bukan nggak cocok, tapi masing-masing orang punya gayanya sendiri dalam berpenampilan. Jadi diri sendiri, nyaman, senang, pede, dan cuek aja dalam berpenampilan, ntar orang-orang pasti jadi terbiasa sama pilihan gaya sehari-hari kamu kok,”

Saat ditanya mengenai bagaimana tips berpenampilan sesuai dengan ekspresi diri, Caca menyarankan untuk memiliki tema warna per tahun, “Aku punya colour of the year (pilihan warna dominan untuk satu tahun). Untuk tahun 2021, pilihan ku jatuh pada warna lilac. Tahun 2020 kemarin itu Pink, karena seorang teman nggak sengaja menyadari kalau kebanyakan barang yang aku pakai dan nuansa panggungku kalau lagi tampil itu selalu ada nuansa merah mudanya, terus aku sadar "iya juga ya" jadi deh kepilih pink,”


Warga dengan talenta di dunia tarik suara ini kemudian membagikan sosok panutannya dalam belajar mencintai diri sendiri, “Aku paling kagum sama Hwasa dari Kpop girl group Mamamoo. Menurut ku dia cantik banget dan yang paling penting adalah dia nyaman pakai penampilan sesuka hatinya. Tapi sayangnya dia sering dibully (baca: diganggu) sama netizen (baca: pengguna internet) Korea karena menurut mereka cantiknya Hwasa tuh nggak sesuai dengan standar kecantikan di sana.


Selain itu, aku juga suka Billie Eilish karena mayoritas lagunya itu kan slow, tapi gaya berpakaian Billie kayak musisi hip hop. Walaupun beda banget sama tema lagunya dan sering dirundung banyak orang, dua orang ini tetap pede dan itu yang ngebuat aku respect (baca: menyukai) mereka.” tutup Caca.


43 tampilan0 komentar

コメント


bottom of page