top of page
Cari

Si Manis Jengkol Lala

Meskipun berbau karena hadirnya asam jengkolat pada jengkol, makanan satu ini ternyata kaya protein bahkan bermanfaat untuk kesehatan jantung. Tidak heran begitu banyak orang yang menyukai jengkol, meski banyak pula yang tidak suka karena baunya yang menyengat.


Ibarat cinta itu buta, jengkol yang berbau pun dicintai banyak orang.


Dengan pengolahan yang tepat seperti dimasak rendang atau semur, tentu masakan jengkol akan terasa begitu nikmat. Bahkan, jengkol pun cocok dikombinasikan dengan santan manis, seperti olahan jengkol khas Samarinda, Kalimantan Timur dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang dikenal dengan nama Jengkol Lala.



Si Manis Jengkol Lala

Santan manis pada jengkol ini disebut dengan saus tahi lala lalu dipersingkat kebanyakan Warga menjadi Jengkol Lala. Mungkin di antara Warga ada yang mengerutkan dahi karena bingung dari mana penyebutan tahi lala berasal yang tidak lain dan tidak bukan berasal dari Bahasa Banjar yaitu ‘lalaan’ yang berarti minyak kelapa sawit. Proses pembuatannya memerlukan kesabaran seperti menunggu gorengan di Warung Pak Sabar karena membutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk memasak Jengkol lala. Proses yang lama ini tentu akan membuat jengkol memiliki tekstur yang empuk dan mengurangi bau pada jengkol yang dimasak.


Beda dengan hidangan jengkol kebanyakan yang memiliki rasa pedas atau pedas manis. Cita rasa jengkol lala memang terasa unik karena rasanya yang manis dan gurih dari santan kelapanya. Maka dari itu, NOMAPATU dengan berbaik hati akan membagikan resep Si Manis Jengkol Lala.


Sebelumnya, warga perlu menyiapkan: Jengkol, air sebanyak 800 ml, gula pasir, garam, tepung maizena, dan tentunya 2 butir kelapa yang telah diparut dengan kulit ari yang sudah dikupas bersih.


Cara membuatnya:

  1. Peras kelapa bersama 800 ml air.

  2. Agar menjadi santan yang kental, rebus santan dan biarkan minyaknya keluar.

  3. Tambahkan gula pasir dan garam secukupnya.

  4. Beri tepung maizena pada campuran tersebut lalu aduk rata.

  5. Jika sudah cukup kental, masukkan jengkol.

  6. Aduk terus hingga saus tahi lala meresap.

  7. Jengkol Lala pun siap dihidangkan di piring Warga!


Warga NOMAPATU bisa menemukan jengkol lala di sepanjang Jalan Antasari (daerah Muara) tepatnya di simpang tiga Tepian Samarinda. Harga satu bungkus jengkol lala dijual dengan harga Rp10.000.


Pergi ke pasar ketemu Sisca Kohl, mari santap nikmatnya si Jengkol!


124 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page