top of page
Cari

Mencicipi Roti Gembong, Makanan para Raja

Raja juga manusia! Ungkapan tersebut rasanya tepat diucapkan mengingat Raja-Raja di berbagai kerajaan tentu juga punya hobi yang sama dengan Warganya, salah satunya makan. Seperti Sri Sultan Hamengkubuwono VII yang menyukai semur piyik (burung dara), Raja Kerajaan Karo yang menyukai kidu-kidu yang terbuat dari ulat pohon, hingga Kesultanan Solo yang menyukai nasi jemblung yang memadupadankan nasi dengan bistik lidah sapi.


Makanan favorit raja bukanlah makanan biasa

Apabila Warga menelusuri lebih lanjut, makanan yang disajikan untuk para Raja di berbagai kerajaan memang tidak mudah untuk diolah manusia pada zaman itu, seperti Coto Makassar di Kerajaan Gowa yang menggunakan 40 jenis rempah-rempah. Tentu saja saat itu bumbu Coto Makassar masih rahasia, seperti makanan cepat saji andalan Warga.



Di Kalimantan Timur sendiri, makanan Kerajaan Kutai Kartanegara sebagai kerajaan Hindu tertua di Indonesia punya ciri khasnya tersendiri. Kala itu, roti dinilai sebagai makanan mewah yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan bangsawan. Namun saat ini, roti tersebut sudah bisa Warga temukan di mana-mana: Yap, Roti Gembong.


Nama gembong sendiri berasal dari bahasa Kutai yang berarti gembung. Hal ini tampak jelas dari bentuk roti gembong yang memang “buncit” di bagian atasnya. Roti Gembong memiliki 6 potongan yang menjadi hidangan kesukaan para bangsawan Kutai Kartanegara saat sarapan, jamuan penting, hingga saat merayakan hari besar kerajaan.


Seperti pendidikan yang zaman dulu tidak bisa dinikmati semua kalangan, roti gembong pun demikian.


Keluwarga NOMAPATU pun ingin berbagi tips kepada Warga dalam menikmati roti gembong. Warga disarankan tidak memotong roti gembong dalam keadaan panas, tekstur roti yang moist dan lembut mudah hancur saat roti masih panas. Oleh karena itu, Warga perlu bersabar hingga roti dalam suhu ruangan (dingin).


Layaknya pikiran manusia, semua dilakukan dalam keadaan dingin

Terdapat berbagai tempat di Samarinda dan sekitarnya yang menjual roti gembong, salah satunya di Roti Gembong Juanda yang berlokasi di Jalan Juanda 3 Samarinda. Meski dulunya menjadi makanan para Raja, sekarang semua kalangan bisa menikmati kuliner yang satu ini dengan harga yang terjangkau. Satu balok roti gembong dijual dengan harga Rp20.000-an dan dengan berbagai varian rasa tentunya.


Siap sarapan ala Raja dengan roti gembong?


27 tampilan0 komentar

Bình luận


bottom of page