top of page
Cari

Yuk, Kenalan dengan Bumbu Gorengan dari Berbagai Daerah Indonesia


Berbicara mengenai makanan, Apa camilan yang muncul di benak Warga untuk mengisi perut ketika lapar memanggil? Mungkin beberapa di antara Warga akan memikirkan hal yang sama, yup, gorengan! Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki 415 kabupaten, 93 kota, dan 34 provinsi. Tidak heran dengan jumlah sebanyak ini, masing-masing daerah memiliki keunikan tersendiri salah satunya adalah dari cara menyantap makanan. Gorengan adalah salah satu makanan yang punya beragam cara untuk menikmatinya.


Sebelumnya, mari kita telusuri terlebih dahulu mengapa begitu banyak cara untuk menikmati makanan, termasuk gorengan. Ternyata, ada tiga faktor yang mempengaruhi hal tersebut, yaitu:


(1) DNA, sebab makanan yang dibutuhkan tubuh, akan disukai oleh Warga--begitu pula sebaliknya.

(2) Makanan yang pernah dikonsumsi ibu ketika sedang mengandung kita

(3) Pengalaman yang berasal dari kebiasaan masa kecil, atau hasil eksperimen Warga terhadap makanan tertentu.


Nah, sekarang sudah tau kan kenapa banyak cara untuk menikmati makanan? Semua bergantung dari kesukaan Warga yang dipengaruhi berbagai faktor di atas.


Khusus di daerah Kalimantan Timur, Warga biasanya menikmati gorengan bersama bumbu kacang atau bumbu petis. Bumbu ini punya rasa pedas yang bisa menambah cita rasa dari gorengan itu sendiri. Bagi warga yang belum familiar dengan bumbu petis, bumbu ini berasal dari campuran gula, rempah-rempah, dan udang yang direbus atau pun ikan yang dimasak hingga bertekstur kental layaknya saus.


Beda lagi dengan Warga di Pulau Jawa yang nampaknya lebih menyukai cabai rawit untuk dinikmati langsung bersama dengan gorengan. Hal ini tentunya langsung menimbulkan sensasi pedas di lidah.


Warga sudah pernah mencoba sambal roa? Sambal ini merupakan campuran dari daging ikan roa yang terasa gurih dan pedas. Nah, warga di Sulawesi Utara terbiasa menikmati gorengan, khususnya pisang goreng bersama sambal satu ini. Warga tertarik untuk mencoba?


Hm, terbukti kalau orang Indonesia memang gemar makanan pedas ya! Tapi bagaimana dengan Warga lain yang tidak tahan pedas?


Tenang, masih ada beberapa daerah di Indonesia yang menikmati gorengan dengan cara unik. Contohnya, pisang goreng yang disantap dengan mentega, susu kental manis, gula, bahkan terkadang dimakan langsung tanpa pendamping. Ada yang sudah pernah coba?


Begitu beragamnya cara menikmati gorengan tentu menjadi pertanda betapa kayanya ragam kuliner nusantara. Untuk satu jenis makanan yang sama saja, terdapat berbagai cara untuk menikmatinya. Kalau Warga, biasanya menikmati gorengan pakai apa?

35 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page