top of page
Cari

Kedai Sabindo: Pertemuan Rasa Malaysia dan Lidah Indonesia

Berbatasan langsung dengan Indonesia dan memiliki banyak irisan kebudayaan dengan Indonesia, Malaysia punya segudang cerita yang begitu menarik untuk diulik. Mulai dari keunikan budaya, etnis, hingga kuliner lokalnya yang mungkin sudah sering Warga temukan seperti nasi lemak, roti canai, dan teh tarik.


Di Samarinda, Kalimantan Timur yang satu daratan dengan Malaysia, terdapat sebuah kedai yang secara spesial menjajakan masakan khas negeri Jiran Malaysia. Segala jenis masakan Malaysia bisa Warga jumpai di sini. NOMAPATU pun akan mengajak para Warga untuk mengulik cerita berdirinya Kedai Sabindo 14 tahun silam secara eksklusif bersama pemilik Kedai Sabindo.



“Apa yang menjadi inspirasi dibukanya Kedai Sabindo pada 28 Februari 2008?”

Berawal dari perjalanan ke sebuah kota kecil bernama Sabah di Malaysia (yang kemudian menjadi latar belakang nama "Sabindo"--Sabah-Indonesia), sang pemilik kedai terinspirasi dari banyaknya masyarakat Malaysia yang sibuk menyeduh teh tarik dan canai. Kala itu, tidak ada restoran Malaysia sama sekali di kota Tepian. Karena rasanya enak dan unik, ditambah keahlian keluarga dalam bidang kuliner, sang pemilik kedai pun mantap membuka restoran Malaysia pertama di Samarinda.


Proses pembuatan roti tissue.


“Untuk menghadirkan cita rasa khas Malaysia, apa saja keunikan yang Kedai Sabindo hadirkan?”

Selain menggunakan juru masak khas masakan Malaysia, bahan-bahan masakannya pun beberapa diimpor langsung dari negeri Jiran seperti serbuk kare. Originalitas menjadi kunci, namun sang pemilik kedai juga tidak lelah berinovasi agar rasa hidangannya juga tetap sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia.


Untuk menu andalan pun, Kedai Sabindo menghadirkan roti tissue yang cukup berbeda dengan roti tissue di restoran Malaysia lainnya (Gambar di bawah). Mereka menambahkan susu kental manis dalam proses memasak, berbeda dengan restoran lain yang menambahkannya seusai dimasak. Tutur mereka, agar lebih kaya rasa dan menghasilkan tekstur lengket.


Urusan suasana kedai pun juga diperhatikan oleh pemilik kedai agar berasa seperti di Malaysia. Di setiap meja makan, disediakan teko berwarna keemasan yang terfungsi sebagai tempat cuci tangan/bilas bagi pengunjung. Kebiasaan ini biasa dijumpai di Malaysia, namun belakangan akibat pandemi teko ini pun terpaksa “disembunyikan”.


Perbedaan roti tissue di Malaysia dan Kedai Sabindo (penjelasan di teks).


Catatan untuk dibawa pulang Warga NOMAPATU

“Temukan keunikanmu! Jangan cari yang sudah ada atau sekadar imitasi belaka. Dengan demikian, kita bisa menghadirkan pengalaman yang membedakan resto kita dengan resto “tetangga”. Selain itu, kita juga harus terus berinovasi, terus gali apa yang bisa dicoba dan jangan lupa terus cari tahu apa yang diinginkan oleh pelanggan kita!”


Meski sering berseteru bak Russia dan Ukraina, ternyata kuliner bisa menjadi pemersatu segala perbedaan Indonesia-Malaysia. Bravo Kedai Sabindo!


Kedai Sabindo

Jl. Letnan Jend. Suprapto No.5D

Samarinda, Kalimantan Timur

Jam Buka: 08.00 - 23.00 WITA

Menu andalan: Nasi goreng Pattaya, roti tissue, roti canai, teh tarik (dengan harga maksimal Rp 40.000/menu)


108 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page