top of page
Cari

Celine Veronica: Ketika Salmon Mentai Membuka Peluang Cuan

Salmon mentai, ayam mentai, beef mentai, dan berbagai olahan mentai lainnya sedang digandrungi banyak Warga. Mentai sendiri merupakan telur ikan pollack yang dibumbui dengan garam dan rempah-rempah lainnya.


Celine Veronica, warga NOMAPATU yang satu ini juga begitu menyukai olahan mentai. Tidak hanya suka, ia pun berani memulai bisnis salmon mentai di Samarinda, Kalimantan Timur. Secara eksklusif, Celine berbagi cerita tentang bisnis restoran yang ia jalani dan ingin berbagi tips memulai bisnis di usia yang terbilang sangat muda.



Menggali Ide Bisnis Salmon Mentai

“Kok Celine suka banget sih dengan masakan Jepang, khususnya mentai, sampai buka restoran Jepang?”


“Buat aku, masakan Jepang itu seperti seni dan kaya rasa. Berbisnis pun semua terjadi karena iseng tahun 2018 nyobain Salmon Mentai Don di Jakarta dan wow suka banget!, sayangnya di Samarinda gak ada yang jual dan 2018 gak banyak orang yang tau salmon mentai alias masih awam. Akhirnya aku nyoba buat sendiri dan kata orang terdekat enak.”


“Test market sampe berani buka restoran gimana Cel?”


“Marahnya orang tua ternyata membawa berkah, karena habis lulus kuliah Chef aku nganggur beberapa bulan, dan akhirnya mutusin buat open PO. Surprisingly, peminatnya banyak dan dari sedikit, pelan-pelan jadi banyak yang tau sushi mentai don buatan aku. Long story short aku daftar di mitra layanan pesan-antar makanan, terus jadi banyak banget driver ojol depan rumah, dan sempat dapat komplain karena rumahan gak ada banner. Akhirnya aku mutusin buka restoran di ruko.”



Berbisnis dengan Prinsip Totalitas

“Buka restoran sampai siapin menu makanan yang variatif di restoran Celine gimana ceritanya?”


“Aku orangnya cukup all out kalau ngerjain apapun. Konsep restoran (desain interior) aku buat semirip mungkin dengan di Jepang, dan untuk menu aku juga berani explore berbagai kuliner Jepang yang proper. Semua menu makanan harus dibuat on point rasanya dan gak mau asal jual doang, karena restoran itu kunci utamanya kualitas rasa dan pelayanan. Awalnya aku ga expect ramai dan ternyata semua di luar dugaan karena Tuhan kasih lebih dari apa yang aku targetin.”




Jatuh Bangun Berbisnis, Apa Rahasia Celine Membuka Restoran Mentai Pertama di Samarinda?

“Waktu buka resto didukung semua orang 100% gak Cel?”


“Awal-awal buka ada yang dukung dan gak dukung. Tetapi semua usaha gak akan mengkhianati hasil, sekarang yang gak dukung malah jadi dukung banget. Semua tentu ada proses dan percaya sama God’s timing juga.”



“Akhirnya berani buka restoran karena apa Cel?”

“Aku berani untuk buka restoran Jepang karena saat itu di Samarinda jarang ada restoran Jepang yang proper dan cocok dengan lidah serta selera orang Samarinda.”




Tips dan Rahasia Celine Berani Memulai Bisnis

“Ada tips yang Celine mau bagiin buat Warga muda NOMAPATU gak untuk mulai bisnis?”

1. Harus yakin dulu dengan produk yang mau kalian buat. Terus percaya diri dan jangan lupa tes ke orang-orang terdekat dengan ulasan jujur.

2. Effort harus 100% dan sungguh-sungguh, gak boleh setengah hati dan harus maju terus.

3. Jatuh 7x, bangkitnya 8x! Karena lebih baik gagal udah nyoba daripada nyesel gak pernah nyoba.

4. Produk yang dijual harus disukai dan gak cuman ikut tren aja.


123 tampilan1 komentar

1 commentaire


Invité
04 mars 2022

keren! menginspirasi sekali


J'aime
bottom of page